Minggu, 22 Januari 2012

Modifikasi Vixion Minimalis


Assalamu'alaikum Wr. Wb. Sodara ku semua dari kiri ke kanan, dari atas ke bawah, dari barat ke timur dari utara ke selatan dan di belahan dunia manapun. Sudah lama rasanya semenjak saya lulus kuliah (cieehh udah jadi sarjana nih.. :-) ) saya sudah tidak lagi membuka blog ini, sampai akhirnya hari ini saya memutuskan untuk kembali mengisi waktu luang dengan menulis blog (sambil ngabuburit, ini kan hari pertama bulan puasa Ramadhan). Tapi saya bingung juga mau ngeposting apaan yah? akhirnya setelah mencari referensi sana sini, liat-liat foto dan baca-baca blog orang, dengan ini saya memutuskan untuk menulis seputar hoby baru saya yaitu "Modifikasi motor". Memang sih saya masih newbie dalam hal modifikasi motor, karena dari pertama di belikan motor oleh orang tua (waktu itu kelas 3 SMP) sampai saya kuliah,saya tidak berani mengotak-atik motor (Maklum motor di beli pake duit ortu jadi kalo di apa-apain entar ortu bisa ngamuk deh). Namun pada akhirnya setelah saya bisa beli motor sendiri (yah walaupun masih di tambah-tambahin sama ortu dikit) saya berani untuk melakukan perubahan (baca: modif/ modifikasi) pada motor saya. Oh iya motor yang saya modifikasi adalah motor Vixion kelahiran 2011 akhir. Saya yakin banyak sekali para raider yang sudah memodifikasi motor keluaran garpu tala ini, mulai dari aliran ceper, racing/ sort fairing, street fighter, touring, thailand racing look (biasanya pake ban kecil kalau di matic), trail, minor faighter, cafe racer, dan lain sebagainya.
Vixion standard
Vixion Standard 2011 Akhir
Pada umumnya para penunggang Vixion merasa kurang puas dengan tampilan Vixion standard keluaran pabrik, pasalnya walaupun termasuk motor sport, tapi tampilannya masih kurang memuaskan, misalnya rem belakang yang masih menggunakan trombol, band dan velg yang ukuran kecil.

New Vixion Lighting (NVL)
 

NVL Fairing

Tapi mungkin hal itu tidak berlaku untuk New Vixion Lighting (baca: NVL) karena NVL ini sudah menggunakan RDB serta ban dan velg yang lebar sehingga cukup memuaskan para penggunanya, tapi bukan modifikasi namanya kalau hanya puas dengan bawaan standard pabrik. Lalu seperti apa modifikasi vixion minimalis yang saya lakukan? mungkin para raider kebanyakan hal pertama yang di lakukan adalah mengganti kaki-kaki, maklum kaki-kaki old vixion memang terlalu kecil sehingga terlihat cungkring. Akan tetapi selera setiap orang pasti berbeda, jadi itu bukan hal wajib kok, karena banyak juga yang malah kaki-kaki nya di buat lebih kecil lagi dengan mengaplikasikan velg TDR aluminium misalnya. Menurut pakar modifikator yang saya baca di blog nya bro AIM menurut beliau hal yang paling penting dan mendasar dalam modifikasi adalah "konsep", karena dengan konsep yang jelas maka akan menghasilkan modifikasi yang tidak asal-asalan, asal comot sana sini, modifikasi menjadi mempunyai nilai seni yang tinggi karena pada dasarnya modifikasi itu adalah seni.(CMIIW). Untuk memulai modifikasi kata bro Aim, hal yang pertama dilakukan adalah pemilihan konsep, hal itu dapat dimulai dengan pemilihan aliran, misalnya street fighter, sport fairing, cafe-racer dan lain sebagainya. Setelah memilih aliran, baru kita bisa memilih design yang di inginkan. Masih menurut bro Aim juga, secara garis besar design modifikasi dapat dibagi menjadi empat kategori yaitu :
  1. Classic - Gaya design classic adalah gaya design motor era 90 an ke belakang. Gaya design seperti cendrung simple dan condong tidak ada garis tegas.
  2. Modern - Gaya design modern menurut saya lahir dimulai dari era tahun 90 an keatas, biasa motor dengan gaya design seperti ini sudah mulai bermain garis walaupun tidak tegas. Contoh nya Honda Tiger layak dibilang motor dengan gaya design modern atau suzuki bandit.
  3. Modern futuristik - Gaya design ini banyak digunakan pada motor kita sekarang ini, contoh : Yamaha Vixion, Kawasaki Ninja 250, CBR 250. Gaya design ini terlihat dengan garis yang cukup tegas dan berani.
  4. Futuristik - Gaya design seperti ini condong penuh dengan garis tegas dan berani, kadang garis nya pun terlihat bertabrakan, contoh paling anyar adalah Kawasaki Ninja 250FI .
Setelah menentukan design, tidak ada salah nya jika kita meminta pendapat dari orang-orang terdekat (istri atau pacar misalnya seperti yang saya lakukan hehe..) kemudian tentunya memilih rumah modifikasi. Banyak pilihan rumah modifikasi di Indonesia ini, silakan tinggal pilih sesuai selera dan tentunya sesuai buget juga. Ngemeng-ngemeng soal buget, para raider sekalian pasti tahu tempe kalau masalah buget adalah masalah yang paling vital dalam modifikasi, karena buget akan menentukan hasil modifikasi yang kita inginkan. Dengan buget yang cukup maka hasil modifikasi yang kita impi-impikan pun akan tercapai.Lalu bagaimana jika buget nya pas-pasan? (seperti saya ini :-( ). Apa boleh buat kita harus pandai-pandai mengalokasikan buget kita, sehingga part-part modifikasi yang di butuhkan akan terpenuhi, Tapi harus ingat bro, jangan karena buget yang minim trus kita memilih part-part yang tidak berkualitas dengan harga yang paling murah terutama untuk urusan keamanan seperti cakram, velg, dll. Usahakan untuk part-part itu kita gunakan part yang berkualitas dan terjamin. Lalu bagaimana jika ternyata buget nya masih belum cukup juga? yah ente harus bersabar gan/ bro sekalian, karena untuk mendapatkan hasil yang memuaskan sesuai dengan impian para brother sekalian, kita WAJIB HUKUM nya untuk bersabar. Apabila buget belum mencukupi, yah sebaiknya nabung dulu atau bisa juga kita nyicil (hal ini yang saya lakukan, nyicil sedikit demi sedikit) yah walaupun terkadang kalau di cicil itu malah hasilnya membengkak juga, yang niatnya hemat eh malah kebablasan, miskin mendadak deh hehehe... Hal terakhir yang harus bro lakukan adalah "JANGAN KECEWA", karena dalam hal modifikasi itu tidak ada yang sempurna, dan gak ada puasnya bro.... Eh kok saya jadi malah ngasih tips-tips modifikasi seperti yang di tulis sama bro AIM yang? hehe kan judulnya "Modifikasi Vixion Minimales" ???? Ya sudahlah udah cape ngetik lanjut saja deh. Kembali ke topik awal okay... hmmm... sampai dimana kita tadi yah? Baiklah kita mulai saja dengan modifikasi vixion minimalis. Banyak hal-hal yang dapat dilakukan untuk memodifikasi motor kesayangan kita, tentunya harus sesuai konsep, jangan sampai gado-gado gak jelas. 
  1. Hal kecil yang dapat kita lakukan misalnya dengan mengganti per baudan dan ring nya dengan model-model vareasi seperti "monel" misalnya, kalau di rasa terlalu mahal, yah kita bisa cari alternatif lain yaitu dengan menggunakan baud vareasi yang harga satuannya serebu perak sob... (banyak di toko-toko vareasi).
  2. Kemudian bisa mengganti kaca spion. Kenapa kaca spion? para pengguna old vixion pastinya sudah pada tahu tempe kalau spion bawaan old vixion itu gak sedap di pandang hehehehe... Solusinya kita bisa ganti dengan spion NEW JUPITER MX atau dengan NVL atau dengan spion vareasi seperti KOSO atau RIZOMA. Wah kalau koso atau rizoma kan mahal tuh, jangan ambil pusign, cari aja yang KW nya lumayan kok hehehe (di sini saya pake spion koso kw gan yang merk gma)
  3. Untuk menutupi mesin vixion yang terlihat kecil, modifikasi selanjutnya yang saya lakukan adalah memasang half fairing. Lumaya dengan memasang half fairing, maka si vixion terlihat lebih bersisi (dikit).
Nah sekian dulu mas bro, agan dan agan wati, sekalian tahap awal modifikasi minimalis yang saya lakukan. Konsep yang saya ambil di sini adalah street fighter. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar di bawah ini :


Vixion Saya gan, masih cupu banget
Cupu abis



Tidak ada komentar:

Posting Komentar