Kamis, 02 Desember 2010

Apa yang membuat perut buncit ?


Gak terasa udah sebulan tidak mengupdate ini blog, jadi kangen nih hehehehe...
Ngomong-ngomong soal PERUT BUNCIT kayak orang hamil deh... (ups...salah) ya tentunya beda dunk kalo hamil ada isinya kalo buncit??? isinya apa yah??
Kalo kita perhatiin mayoritas para pejabat negri ini perutnya pada buncit tuh hehehehe... (bokap gw juga buncit tp bukan pejabat).

Sebenarnya apa sih yang membuat perut seseorrang jadi buncit?? pakah faktor usia? faktor makanan? ato emang gen bawaan dari bonyoknya kali?


Nah dari beberapa sumber hasil penelusuran saya di dunia maya alias internet alias abis nanya-nanya di mbah google ternyata makanan itu sangat berpengaruh kepada kebuncitan tuh perut.
Yang jadi pertanyaan makanan apa ajah sih yang bikin perut kita (loe ajah kale) buncit ? Nah berikut ini ada beberapa makanan yang mesti kamu-kamu hindari kalo gak pengen buncit kayak  ibu hamil :
 

  • Makanan cepat saji

Makanan yang kelebihan kalori dapat membuat Anda sulit melepaskan diri dari pakaian yang super besar. Laporan pada 2005 yang diterbitkan University of Minnesota School Of Public Health, menyebutkan konsumsi fast food dapat menyebabkan epidemi obesitas. Ini mungkin disebabkan oleh makanan dengan ukuran porsi besar, yang mengandung jumlah kalori yang berlebihan.

Beban glisemik dalam makanan berlemak, asin, dan manis juga dapat meningkatkan resiko terkena diabetes. Tapi, ini bukan berarti Anda tidak boleh sesekali mengonsumsi makanan cepat saji. Hanya saja yang perlu diingat, pastikan tetap memilih makanan yang sehat, rendah kalori, dan rendah lemak, seperti salad dan daging panggang.

  • Pemanis buatan

Jika Anda mencoba mengurangi lemak di badan, Anda sebaiknya mengurangi konsumsi minuman yang dibuat dengan pemanis buatan. Sebab, minuman jenis ini dapat merusak diet Anda. Sebuah studi 2004 Purdue University menunjukkan bahwa pemanis buatan dapat menyebabkan tubuh kehilangan kemampuannya untuk mengukur asupan kalori. Para peneliti menyatakan bahwa penggunaan pemanis buatan bisa merusak hubungan antara rasa manis dan konsumsi kalori.

  • Makanan berlemak

Meskipun tubuh Anda membutuhkan lemak untuk tetap sehat, terlalu banyak lemak tidak bagus buat berat badan Anda. The US Department of Health and Human Services menyarankan untuk membatasi asupan asam lemak jenuh hingga kurang dari 10 persen dari asupan kalori harian. Jumlah lemak sebaiknya di bawah 35 persen dari asupan kalori harian.  Terlalu banyak lemak dalam diet Anda mungkin sama dengan terlalu banyak kalori.

  • Minuman bersoda

Menurut Ilmu Kesehatan Northwestern University, orang yang kelebihan berat badan biasanya yang mengonsumsi minumam soda yang berlebihan. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa peminum bersoda memiliki risiko 60 persen lebih besar untuk meningkatkan berat badan daripada mereka yang minum soda pop sangat sedikit.


Ok itu tuh makanan-makanan yang bikin perut kamu buncit, nah lalu yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah "gimana cara mengatasinya ?".
Setelah konsultasi sama mbah google nih ada beberapa tips untuk mengatasi perut buncit.

Tips Mengatasi Masalah Perut Buncit

Minum Banyak Air

Jika perut penuh disebabkan oleh penyimpanan air, anda sebenarnya dapat mengurangi masalah tersebut dengan minum air lebih banyak. Hal ini akan mencairkan konsentrasi sodium dalam tubuh sehingga meningkatkan jumlah air yang keluar dari sistem tubuh.

Minum lebih banyak air juga menjamin fungsi hempedu efektif untuk mengeluarkan bahan toksin.. Jangan mengubah pengambilan air saat diet kerana banyak bahan yang sulit dicerna dan dapat menyebabkan perut menggelembung.

Mengurang Pengambilan Garam

Jangan makan gelojoh kerana ketika anda menelan terlalu cepat, udara tertahan dalam usus dan membentuk gas yang dapat mengakibatkan penggelembungan perut.

Duduk ketika makan dan kunyah makan secara perlahan-lahan. Makanan yang tidak terkunyah menjadi bahagian-bahagian kecil tidak dapat dicerna dengan sempurna yang kemudian menghasilkan banyak gas yang menimbulkan penggelembungan.

Makan perlahan-lahan

Terlalu banyak garam dalam diet menambah ektra sodium terhadap cairan tubuh yang memperlambat mekanisme sehingga mendorong air keluar dari sel. Akibatnya perut terasa penuh dan menggelembung.

Pengambilan Serat

Serat adalah elemen penting dalam diet, tetapi untuk mengimbangi penyimpanan air yang menyebabkan penggelembungan, makanlah serat dalam buah-buahan seperti epal dan pear yang memiliki banyak kandungan air.

Awasi obat-obatan

Perut yang mengembang adalah efek sampingan dari pengambilan obat.Aspirin kadang-kadang menyebabkan masalah perut yang mengakibatkan sembelit dan penggelembungan, termasuk pil kontrasepsi.

Hindari Sembelit

Sembelit didefinisikan sebagai memiliki lebih sedikit dari tiga kali buang air besar dalam seminggu atau jika terlibat ketegangan. Akibatnya perut terasa bertambah besar. Untuk merangsang isi perut, tingkatkan pengambilan serat dari buah-buahan dan sayuran, amalkan secara berterusan untuk menghindari fermentasi dan pengeluaran gas yang berlebihan.

Bersenam

Olahraga atau bersenam akan membantu menggerakkan cairan dalam perut yang dapat menyebabkan perut besar dengan mendorongnya keluar dari jaringan dan masuk aliran darah dimana akan dikeluarkan sebagai peluh atau dibawa ke hempedu untuk dikeluarkan sebagai air urine. Senaman yang disarankan seperti aerobik.



Hmmm ternyata cukup simple n sederhana yah, oke jadi siapa yang kepengen perutnya buncit??? pasti pada gak mau dong, tapi setelah diperhatiin kayaknya perut saya mulai buncit nie, cacingan kali yah?? hmmm mesti cepet-cepet di cegah nih, aduuuuuuuuhhhh.... PERUT BUNCIT???? nggak dechhh...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar