Jumat, 15 April 2011

Algoritma Rujak Kacang [Kaaredok]

Rujak Kacang, yah siapa sih yang gak tau dengan rujak kacang, ato mungkin orang sunda lainnya suka menyebutnya dengan karedok kacang. Ini adalah salah satu makana khas Sunda Jawa Barat dan merupakan makanan favorit saya loh, kenapa favorit? karena wah rasanya itu menggigit banget, dalem banget, pedasnya itu wah bikin merinding, pokonya gila banget deh uenaknya, maknyos gak bisa di ungkapkan dengan kata-kata deh. Sebenarnya masih banyak rujak-rujak atau karedok-karedok lain seperti karedok leunca, Rujak Cingur, dll. Tapi saya lebih suka dengan rujak kacang.
Apa sih yang special dari rujak kacang ini? padahal bila dibandingkan dengan makanan lain tidak ad apa-apanya, hmm.. sebenarnya ini sih selera, yah mungkin kalo orang bugis atau orang padang ato orang papua tidak akan suka dengan rujak kacang ini. 
Biasanya rujak kacang itu paling mantap bila dimakan dengan kerupuk emie dan nasi trus makannya itu di pinggir sawah, waduh pokoknya mantap banget deh, udah gitu ama ikan asin ama beuleum peda, trus diiringi angin sepoi-sepoi makin mantap deh, nembak banget pokoknya gak akan ada yang ngalahin.

Pernah waktu itu saya lagi makan bareng ama ci mamah dan ci abah juga ci ade, hem padahal di situ banyak makanan lain seperti ikan goreng, ayam goreng, pepes, trus daging sapi, banyak deh [maklum abis lebaran biasanya banyak makanan], dan terengg.... ada makanan favorit saya di atas coet, yang tidak lain adalah rujak kacang, dan seketika juga makan saya jadi rakus deh ampe nambah berkali kali, hemm makanan yang lain tidak saya lirik sama sekali, aneh ya? tapi gimana lagi emang udah favorit sih.

Nah udah dulu yah ceritanya, sekarang saya mau berbagi resep nih gak coding mulu, bosen coding lagi coding lagi, resep apa lagi kalau bukan resep membuat rujak kacang ala nuicep hehehe, gini gini juga saya suka bikin rujak kacang sendiri lho. Sebenernya sama ajah kayak programming, ada algoritmanya gitu deh, dan sekarang saya akan menjelaskan algoritma membuat rujak kacang.
OK yang pertama harus disiapin adalah alat dan bahan yaitu :

Peralatan :
  1. Coet
  2. Luludek
  3. Sendok
  4. Pisau
Bahan-bahan :
  1. Kacang panjang secukupnya
  2. Garam dapur secukupnya
  3. Gula pasir/ gula merah secukupnya
  4. Mecin
  5. Surawung
  6. Cikur
  7. Satu siung Bawang merah
  8. Terasi
  9. Cabe hijau

Algoritma pembuatan rujak kacang :
  1. Pertama dan yang utama, potong potong dulu kacang panjangnya sekitar 1 - 2 cm.
  2. Goreng terlebih dahulu terasinya sampai matang.
  3. Setelah terasi matang, lalu masukkan terasi tersebut sedikit saja ke dalam coet bersama cabe hijau, cikur, garam dapur, mecin, surawung, dan bawang merah. Jika kepengen lebih pedas ya yang banyak cabe nya, kalau tidak suka pedas yah 3-4 butir sajah.
  4. Tumbuk sampai merata semua bahan tersebut di atas, eh apa yah istilahnya? kalo kata urang sundamah di rendos cenah.
  5. Setelah itu masukkan kacang panjang yang sudah di potong-potong ke dalam coet tersebut dan taburi sedikit gula pasir atau gula merah sama sajah. Setelah itu ulek lagi hehehe tapi jangan sampai halus yah, sedeng sajah.
  6. Tereng... rujak kacang siap dinikmati.
  7. Sajikan dengan kerupuk lebih mantap.
  8. Selamat mencoba...
OK, sekarang kalau sudah paham alurnya, silakan mencoba, semoga bermanfaat, wassalam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar