Minggu, 10 April 2011

Graphical User Interface I – Component pada Teknologi JAVA Swing Tingkat Dasar Part I


Assalamualaikum...

Rasa rasanya udah lama nih saya gak mengupdate ini blog, maklum kemarin lagi sibuk ngurusin skripsi, trus sidang trus revisi-revisi dan alhamdulillah lulus juga, jadi sarjana deh hehe, amienn..
Sebenernya saya udah pernah share tentang bahasa pemrograman JAVA waktu saya ngontrak mata kuliah PBO, nah pas saya nyari-nyari kerja ternyata programer JAVA emang banyak yang nyari, hemm tapi kok otak saya lelet banget yah? jadi sebenernya sih sekarang saya share di sini buat catatan saja biar kalo entar lupa trus gak bawa paririmbon yah tinggal buka nih blog, tapi selain itu saya harap juga tulisan ini bisa membantu buat temen-temen yang mau belajar JAVA juga, oh ya sebagain informasi, tulisan ini saya kutip dari modulnya ComLabs ITB, lumayan sih, tapi emang tidak dari awal, tapi yah lumayan lah.
OK kita langsung ajah perkenalan dulu yah ...


PENGANTAR
Sebuah program computer memerlukan perancangan user interface yang baik guna kemudahan user (pengguna) dalam menggunakan program tersebut. Apalah artinya sebuah program jika mempersulit user dalam penggunaannya. Sebuah program di buat untuk mempermudah user dalam melakukan pekerjaannya, oleh karena itu sebuah program computer yang baik, selain memiliki ketepatan dalam pemilihan algoritma, juga harus mempunyai desain interface yang baik pula. User hanya akan dapat menggunakan sebuah program yang kita kembangkan apabila program tersebut mudah digunakan, sehingga salah satu kunci kesuksesan sebuah program aplikasi adalah interface yang baik.
Secara khusus Java menyediakan component GUI yang lengkap. GUI tersebut memberikan “look” and “feel” yang variatif untuk interaksi user dengan program serta menyediakan control. GUI juga memberikan tampilan dasar sehingga user familiar dengan program. User dapat berinteraksi menggunakan keyboard dan mouse melalui GUI.
GUI dalam Java meliputi JLabel, JTextField, JButton, JCheckBox, JComboBox, JList, dan JPanel.


Teknologi Swing
Teknologi Swing merupakan kumpulan package library Java yang dapat digunakan untuk mengembangkan interface program aplikasi. Teknologi ini meliputi keseluruhan class-class Java yang ada pada package java.awt. sebagaimana pendahuluya, teknologi ini mengikutsertaka “look and feel” yaitu pengaturan tampilan program dan interaksi user dengan program.
Teknologi Swing meliputi Class Component, Class Container, dan Class JComponent. Class Component memiliki method paint untuk menggambar component pada layar. Class Container merupakan class untuk menyimpan kumpulan component, serta memiliki method add untuk menambahkan component. Class JComponent menambahkan fungsionalitas Component dengan memiliki “pluggable look and feel”, mnemonics, dan kemampuan penanganan “event”.



Component pada Teknologi JAVA Swing Tingkat Dasar

Menulis Teks dengan JLabel

JLabel merupakan component Swing yang digunakan untuk menuliskan teks pada aplikasi.

Contoh program :




public class Text01 extends JFrame {
                        public Text01() {
                                                setTitle("Latihan Membuat Text");
                                                setSize(150,100);
                                                JLabel myLabel=new JLabel("Contoh Text pada GUI");
                                                add(myLabel);
                                                setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
                                                setVisible(true);

                                                Icon bug = new ImageIcon("stop.png");
        setSize(150,200);
                                                JLabel myLabel2=new JLabel("Label with text and icon", bug, SwingConstants.LEFT);
                                                add(myLabel2);
                        }

                        public static void main(String[] args) {
                                                new Text01();
                        }
}


Setelah di Run maka hasilnya akan seperti di bawah ini :





OK segitu dulu sharenya yah, cape juga nih ngetiknya, sebenernya bukan cape sih tapi lagi buru-buru mau pergi jadi besok kita lanjut lagi yah,
Wassalamualaikum WR.WB...


REFERESNSI:

Bahtiar,Arief. (2011). Seri Java Programming PJAD – Professional Java 2 Application Developer. COMLABS – Information Technology Service in ITB.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar