Selasa, 26 April 2011

Wisuda Sarjana Gelombang I UPI Bandung 20 April 2011 - UPI buka kampus di Malaysia

20 April 2011 adalah hari yang di tungu-tunggu oleh para calon wisudawan dan wisudawati Universitas Pendidikan Indonesia karna hari itu adalah hari yang sakral bagi kami semua dimana itu adalah ujung tombak perjuangan kami, jerih payah keringat kami, tenaga dan pikiran kami selama menimba ilmu di kampus tercinta bumi siliwangi.
Sanak saudara, mamah, papah, kakak, adek, kekasih tercinta, paman, bibi, tetangga semua pada ingin melihat hari bersejarah tersebut, hari yang tidak akan ada duanya itu, sekali dalam seumur hidup. Memang benar-benar hari yang special dan takkan pernah terlupakan meskipun tak seindah yang terbayangkan. 
Wisuda di UPI biasanya diadakan 3 kali dalam setahun, yaitu gelombang I untuk april, gelombang II untuk Agustus dan gelombang III untuk Desember. Acara wisudanya diadakan dua hari berturut-turut, maklum mahasiswanya banyak. Untuk hari pertama biasanya wisuda untuk jenjang D3 dan Sarjana sedangkan hari kedua wisuda untuk jenjang S2, S3, dan kampus daerah, maklum UPI kan mempunyai beberapa kampus daerah sepeti Purwakarta, Serang, Cibiru dan Sumedang.

Prosesi wisudanya sangat sakral sekali, ada musik2 daerahnya gitu trus ada orkesta UPI, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sebagainya, pokoknya sangat sakral. Setelah itu ada sambutan dari rektor, dan kebetulan waktu wisuda kemarin ada sambutan dari rektor universitas di Malaysia gitu sama ada Bapak Walikota Bandung. Denger-denger sih UPI mau buka kampus di Malaysia mengikuti universitas-universitas dunia gituh, tapi itu juga kalo gaksalah dengar sih soalnya ngantuk banget, pegel, haus dan melelahkan.
Tempat prosesi wisuda itu sendiri diadakan di gedung olahraga Gymnasium, lokasinya di sekitar kampus UPI Bandung, di sebelahnya stadion sepak bola bumi siliwangi UPI. 
Biasanya di UPI, semua wisudawan dan wisudawati di panggil ke depan untuk menerima ijazah dan bersalaman dengan dekan dan wakil dekan masing-masing fakultas, sementara itu biasanya ada perwakilan wisudawan/wisudawati terbaik tiap fakultas untuk bersalaman dengan rektor beserta jajarannya. Yah prosesi yang sangat melelahkan, terbanyang ribuan wisudawan/i di panggil satu-satu ke depan. Setelah itu biasanya para wisudawan/i di arak menjuju jurusannya masing-masing dan mengikuti acara pelepasan di jurusan. Ada penyambutnya gitu loh, ada juga upacara adatnya, namnun sayang pada saat acara berlangsung saya tidak dapat hadir berhubung keluarga jauh dari lokasi jadi saya menemui dulu keluarga dan ketika ke jurusan , eh udah selesai taukah istirahat gitu, jadi yah gak ada kenangannya, gak tau apa acaranya, gak tau juga siapa ajah yang di wisuda, hanya bertemu dengan segelintir teman dan sahabat sajah, foto bareng dosen-dosenpun saya tertinggal, memang menyedihkan juga.
Yang lebih menyedihkan sih keluarga saya juga, kasian mereka berangkat dari ruma (Sumedang) sekitar jam 4 subuh dan ternyata mereka belum pernah ada yang ke UPI jadi jalan menuju kampus UPI pun sedikit tersesat (kata si mamah sih), yang akhirnya terjebak macet dan telat dikit deh. Waktu itu yang dateng adalah Mamah, Abah, Uwa, Suaminya uwa, ma Icih (tetangga), dan tentunya pacar saya (Ulie) hehe, kasian sekali pada salatri dan pusing katanya liat orang ribuan gitu, apalagi pacar saya ampe nangis-nangis dan pingsan karena pusing dan kelaperan deh...
Bisa dibayangin, dari jam 4 subuh tanpa sarapan dahulu nyampe UPI udah berdesakan penuh sesak panas pula, yaiyalah sapa juga yang tahan, saya saja yang di wisuda di dalam terasa pusing, sakit pantat karna duduk terus udah gitu pusing liat orang banyak (saya kan gak suka keramaian) jadinya yah kepala pusing, perut mual dan akhirnya muntah2 deh ama pingsan, eh pingsan dulu trus mutah apa kebalikannya yah? ah sama sajaolah intinya gitu. Nah dari jam 4 pagi baru dapet makan siang, itu juga yang ada malah mual katanya, hmmm.. saya juga merasakan hal yang sama sih, namun pada akhirnya kalau saya di paksain makan deh daripada sakit.
Setelah solat dzuhur saya kembali ke lokasi acara di jurusan bersama mamah dan uwa beserta ma Icih, eh ternyata dan ternyata udah sepi, nah loh pada kemana yah? terakhir saya liat temen-temen wisuda yang lain sedang foto bareng dengan dosen, tadinya saya mau ikut tapi ah gak keburu deh, ya sudahlah ajhirnya ketemu si Adam, trus di foto bentar, bis itu ketemu Erma ma Non juga dan tidak lupa di abadikan momentnya sebentar hehe. Setelah itu bingung mau ngapain, akhirnya saya putuskan untuk kembali ke parkiran bersama rombongan keluarga, dan di perjalanan lumayan sesak ditambah lagi para photographer yang ngejar-ngejar dengan seribu jurus bujukan, akhirnya karna udah pusing dan hari menjelang sore, yang tadinya berencana mengabadikan moment penting ini di studio foto Jonas akhirnya di cancel, dan ujung-ujungnya di foto di UPI juga tuh yang tadi ngejar-ngejar, mintanya 25ribu per-foto dan jadi dalam waktu 5menit katanya, akhirnya setelah nego dapet juga 15rb/lembar dan kita di foto 3 kali deh, saya sendiri, trus beserta orangtua dan terakhir sama keluarga yang pada ikut termasuk pacar saya. Akan tetapi ada satu hal yang membuat saya kecewa, kok fotonya tidak di kasih soft-filenya yah, padahal itu yang terpenting buat saya, kapan-kapan kalau mau di perbanyak gimana?haduh ya sudahlah sudah ini, malah nanyain flashdisk(FD), emang buat apa pula saya bawa-bawa FD di wisuda, ya akhrinya walau kecewa juga tak apalah lain kali saja di foto lagi kata ibunda saya.
Setelah itu akhirnya keluarga saya pulang ke sumedang karna hari memang udah mulai gelap, saat itu pacar saya Ulie gak mau naik mobil dengan alasan takut muntah lagi, padahal tadinya saya mau ikut juga tapi berhubung hal itu dan saya juga bingung motor mu di kemanain akhirnya saya naik motor saja lah sama Ulie.
Akhirnya mobilpun pergi, kini tinggal saya sama Ulie, hemm ngapain yah? balik lagi ke acara jurusan takut udah pada gak ada, akhirnya kita putuskan pulang ajalah tapi lewat gerbang depan sekalian foto-foto dulu di taman tuh kayaknya viewnya bagus keliata Isola juga. Hem di perjalanan menuju gerbang depan lumayan jauh juga dan menguras energi akhirnya kita beli rujak (petis) dulu. Hemm setelah makan rujak jadi seger juga nih, sambil foto-foto dengan berbagai gaya dan ekspresi tak terasa hari sudah sore, padahal perjalanan masih jauh, akhirnya sayapun naik angkot ST.HALL-LEMBANG di depan gerbang utama UPI menuju kostan saya di Negla.
Sungguh melelahkan ternyata angkotnya ngetem di depan terminal Ledeng lama sekali, sampai bete juga nih, tapi akhirnya jalan juga setelah semua kursi penuh dan kamipun berhenti di depan Hotel apa gitu yah lupa saya, pokoknya di sana itu ada rumah bakso ada rumah sosis, tapi yang pasi tujuan kita bukan ke hotel tapi ke kostan jadi yah lumayan jalan kaki lagi deh hehehe...
Setelah tiba di kostan (rumah kontrakan) ternyata di sana sudah ada keluarganya Daris (teman kostan yang sama di wisuda juga) dan agak malu sih, hem daripada malu kita beli seblak ajah sama cikruh + teh gelas di depan sambil ngobrol-ngobrol dikit. Setelah itu masuk ke kostan dan keluarga Daris pun pulang, hemmm Ulie pusing katanya jadi yah tidur dulu deh sebentar sementara itu saya dengan kawan-kawan nonton bola dulu, setelah adzan magrib dan solat magrib akhirnya saya bergegas untuk pulang ke Sumedang, akan tetapi sebelumnya makan Baksu dulu deh di gerlong, mantap ada bakso pedaaaaasss isi daging cincang sama cabe (ups..bukan promosi yah) pokonya mantap deh dan setelah itu kitapun pulang, perjalanan malam di temani hujan pula.
Setiba di Sumedang sambil ujan-ujanan ternyata hari memang sudah larut malam, tak lupa sayapun beli oleh-oleh buat keluarga di rumah, martabak ROSALINDA, wah mantap nih.. Setelah sampai di rumah hemm sambil ujan-ujanan cape juga langsung menyantap martabak keju benar-benar nikmat, syukur alhamdulillah kita sampai dengan selamat ke tempat tujuan, benar-benar hari yang melelahkan sampai-sampai keesokan harinya jadi sakit deh,,, hem wisuda yang melelahkan juga ternyata. Kapan lagi yah saya bisa di wisuda? apa bisa nanti di wisuda S2? atau bahkan S3? insyaallah kalau ada rezeky saya pengen lanjut S2 dan S3 biar itu bisa meningkatkan nama baik keluarga, maklum keluarga saya cuma petani desa dan pedagang, pendidikan juga cuma SD, yah begitulah situasi di desa saya, pendidikan itu tidak penting, asal sudah lulus SD, kalau pria yah jadi petani atau jadi pedagang atau ikut sodara dagang gitu di Jakarta nah kalau perempuan ya biasanya menikah deh, hemmm saya pengen merubah pandangan itu, pandangan bahwa "pendidikan itu tidak penting" ujung-ujungnya jadi TNI (Tukang Ninyuh Indomie) atau ITB (IcalaN Teh Botol).
Walau saya berasal dari keluarga yang kurang mampu tapi semangat saya untuk memakan bangku pendidikan setinggi-tingginya tidak akan pernah luntur, keluarga yang selalu di ejek, diremehkan, dicacimaki karena kita memang orang gak punya, saya ingin sekali mengangkat keluarga saya menjadi lebih baik. Semoga Allah SWT, memudahkan rezeky bagi saya dan keluarga saya, memberikan saya pekerjaan yang layak sehingga saya bisa meneruskan pendidikan saya ke jenjang berikutnya, memberikan kesehatan dan keselamatan selalau kepada saya dan keluarga saya, menjadikan saya orang yang sukses dunia dan akhirat, amieen...
Dan membuktikan bahwa "Pendidikan itu memang PENTING"...

Berikut ini saya abadikan sedikit moment penting tersebut, maav fotonya jelek habis pake kamera HP sih.
 ini foto sama bebebz aku heheh..


 kalo ini ya aku sendiri


 Bebebz aku di depan deket gerbang UPI, keliatan ISOLA tuh..


 Kalo yang ini bareng enon "danti" temen sekelas tp dia udah lulus duluan


 aku di depan kolam kecil 


 with my love


 my honey


 just me
kalo yang ini di depan parkiran gedung FPMIPA-C alias gedung ILKOM, di kasih cindera mata berupa piagam sama maskot boneka tuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar