Minggu, 09 Maret 2014

Traveling to Galunggung Mountain

Halo, Assalamualaikum,sampurasun, permisi, akang, teteh, om, tante, mas, cuy, broh, kence, semuanya deh… ketemu lagi dengan saya nih. Hmmm udah lama juga saya tidak posting di ni blog, seakan ini blog sudah tidak saya urus saja. Entahlah kayaknya saya males sekali buat nulis, biasa sibuk (ciee yang sok sibuk…). Padahal dulu buat blog ini buat ngisi waktu luang, buat keren-kerenan (ceritanya dulu emang lagi popular blog itu), sekalian tadinya emang ada tugas dari kampus dimana setiap mahasiswa harus punya blog dan tugasnya di upload di blog tersebut, akan tetapi setelah tugas kelar yah blog ini malah di campakkan begitu saja.
Gunung Galunggung merupakan gunung berapi dengan ketinggian 2.167 meter di atas permukaan laut, terletak sekitar 17 km dari pusat kota Tasikmalaya. Terdapat beberapa daya tarik wisata yang ditawarkan antara lain obyek wisata dan daya tarik wanawisata dengan areal seluas kurang lebih 120 hektaree di bawah pengelolaan Perum Perhutani. Obyek yang lainnya seluas kurang lebih 3 hektar berupa pemandian air panas (Cipanas) lengkap dengan fasilitas kolam renang, kamar mandi dan bak rendam air panas.
Baiklah cukup rasanya menu pembuka untuk tulisan saya kali ini. Sebenarnya saya bingung mau nulis apaan, trus tiba-tiba saya teringat dengan perjalanan saya waktu ke kawah gunung Bromo Galunggung di Tasik. Setelah saya buka-buka folder simpenan foto-foto saya dari HP yess ada nih dokumentasinya (biasanya no foto = hoax, so karena fotonya ada jadi gak hoax kan).
Perjalanan ini memang sebelumnya sudah direncanakan beberapa hari sebelumnya oleh saya dan sodar saya via telepon (saat it saya lagi kerja di Bandung dan sodara saya sebut saja betet lagi di Tasik dan sodara saya satu lagi sebut saja oboh berada di Sumedang, kami telpon-telponan bertiga waktu itu karena memang saya lagi punya masalah dan sedang meminta solusi atau saran ke mereka). Kebetulan sodara saya Betet (nama aslinya Cecep) adalah pengantin baru yang pada tanggal 9 Februari 2014 lalu melakukan ijab qobul dengan sang istri Pipit. Betet itu orang Sumedang, sekampung sama saya, sodara juga, temen bermain juga (walau umur kami terpaut cukup jauh) sedangkan Pipit adalah orang Tasik, tapi sebenernya asli Sumedang juga. [skip cerita nikahannya ada di tulisan saya yang lain].

Malam itu saya telpon bro Oboh dan bro Betet di Tasik dan memang saya sedang berduka karena sedang ada sedikit masalah [skip, masalah pribadi] di sela-sela pembicaraan bro Betet ngajakin buat main ke Tasik trus kita ke Galunggung katanya, spontan saya jawab “hayu lah…”, padalah dalam hati sebenarnya males banget, tapi dipikir-pikir lumayan juga buat ngilangin stress nih. Singkat cerita Jumat 28 Februari 2014, seperti biasa setiap weekend saya mudik lalu hari sabtunya tiba-tiba ada pesan dari bro Betet nanyain mau ke Tasik kapan? Spontan saya kaget, kirain kagak jadi dan dia lupa, eh ternyata inget juga tuh anak. Ya sudah saya jawab “hayu isuk lah”, dan betapa kaget nya lagi pas saya baca sms balesan “urang ngeus di Tasik” waduh sialan si Bete ngajak-ngajak kok curi start, padahal saya ngebayanginnya kita berangkat pagi-pagi barengan gitu, hmmm bête deh, males kalo harus sendirian ke Tasik yah paling sama bro Oboh, satu motor kagak seru cuy !!!. ya sudahlah saya hubungi dulu sodara saya yang satu lagi (si oboh) dan dia bilang OK besok jadi ke Tasik. Sedikit kecewa sih, karena rasanya perjalanan jadi kurang seru kalau Cuma satu motor, tadinya mau di cancel tapi bro Betet malah ngancem segala haduuhhh cape deh…. Malah sebelumnya minta sekarang juga berangkat, duh yang benar saja, ini udah sore dah hujan pula haduh males banget, ya sudah akhirnya kami putuskan besok subuh berangkat deh.
Baiklah singkat cerita subuh hari minggu tanggal 2 Maret 2014 selesai sholat subuh tiba-tiba bro Oboh telpon, dia konfirmasi jadi atau nggak, ya pastinya jadi, kalo gak jadi haduh bisa ngamuk tuh penganten heheh… ya sudah saya suruh dia mandi dan sarapan, sementara saya malah tidur lagi (gubrak…. :P).
Sekitar jam 6 pagi lagi enak-enak tidur tiba-tiba da yang menggedor-gedor pintu, haduh kaget saya, hehe tadi subuh saya nyuruh orang lain buat cepet mandi dan sarapan eh ini saya sendiri malah masih tertidur, alhasil kami kesiangan deh, rencana habis subuh berangkat ini jam 6 masih di kasur, waduh bisa-bisa nyampe Tasik siang nih. Ya sudah tampa banyak piker saya mandi dan nyiapin perbekalan (charger, jas hujan, kunci2,dll). Akhirnya sekitar jam 7 lewat 15 menit kami berangkat menuju Tasik dengan jalur Situraja – Wado – Garut – Ciawi – Tasik .  Selain jalur ini adalah jalur paling cepat daripada harus ke Bandung dulu, jalur ini juga jalanannya lumayan kosong tidak padat sperti via Bandung. Beberapa menit kemudian saya pun akhirnya sampai di daerah perbatasan Wado – Garut. Saya dan bro Oboh berhenti sebentar karena kebetulan pagi itu saya pengen pipis, maklum cuaca dingin, kalau dingin biasanya saya beser. Karena daerahnya lumayan “hutan” saya lihat kiri kanan lumayan sepi ya sudahlah ini udah tidak bisa di tahan lagi gak papa lah pipis di pinggir jalan juga, bingung mau cari toilet dimana, masa harus nunggu sampe kota duh kelamaan bisa ngompol di celana saya.
Sekalin kami istirahat sejenak dan menikmati segarnya udara pagi di daerah pegunungan itu dan menikmati perkebunan yang indah, wah ternyata menyenangkan juga perjalanan ini, walau hanya berdua (bro Betet dan istri udah standby di Tasik). Ini ada beberapa jepretan saya via HP Andromax2 hehe…
[Foto-foto]
Oh iya sempat saya ngecek jam ternyata baru jam 8-nan, setelah di hitung ternyata perjalanan kita Cuma sekitar 20 menit, gileee…blog nih bawa motor, normalnya bisa sejaman tuh, mungkin karena hari libur dan jalanan juga kosong kali yah so saya bisa tarik gasspoooollll nih.
Akhirnya saya sampai juga di Garut, dan sekarang mulai memasuki jalan utama Garut-Tasik. Jalur kali ini bereda dengan jalur sebelumnya yang kami tempuh yang hampir tidak ada kendaraan roda 4, di jalur utama ini jalanan dipenuhi dengan truk dan bus tujuan Tasik, Ciamis, Pangandaran dan Jawa seperti bus Budiman, bus Bandung Express CMIIW, dll. Akhirnya saya pun melaju cukup pelan di tanjakan nya karena memang jalurnya rawan kecelakaan dan kondisi jalanan macet, padahal masih pagi. Beberapa saat kemudian kami sampi di masjid “Iceu”, yang penyanyi itu loh, kalau tidak tau googling aja geh…
Sekitar jam 9 pagi kami sudah sampai di Kota Tasik, dan saatnya saya kasih minum si Jantuk (vixi YZF R125 saya), sambil istirahat sebentar saya hubungi bro Betet untuk menginformasikan bahwa kami sudah sampai Tasik, eh keduluan datang sms dari bro Bete, yang isinya nyuruh bawa celana ganti buat berendem di air panas, gubraaaaakkk… kita udah nyampe Tasik kaleee asa harus balik lagi ke Sumedang buat ngambil celana kolor hadeuuuuuuhhh kenapa gak dari tadi atau kemarin atau tadi malam kek ngasih taunya !!! ya sudahlah saya bialng saja kalau kita sudah sampai di kota Tasik dan sebentar lagi meuju lokasi (rumah mertua nya bro Betet, lupa lagi saya nama daerahnya apa) .
Sekitar pukul 10 pagi akhirnya saya dan sodara saya bro Oboh sampai juga di rumah mertua nya bro Betet, setelah sebelumnya sempat mau nyasar karena memang sedikit lupa jalan nya (malkum baru sekali ke sini itu juga pas doi ngelamar). Perjalanan lumayan melelahkan, di tambah teriknya panas matahari dan punggung yang pegel serta cangkek (pinggang) yang lumayan sakit di tambah tangan juga serasa sakit, malkum motor saya sudah di modif model sportbike full fairing made in MBC/Aim Sawangan Depok, jadi posisi riding udah merunduk dan emang kurang cocok untuk perjalanan jauh seperti ini.
[Foto-foto]

Alhamdulillah sesampainya di rumah mertua bro Betet, keluarga Pitri istrinya bro Betet menyambut dengan baik dan menjamu kami dengan minuman dan beberapa makanan, trus kami di ajak makan, nah ini dia yang di tungu-tunggu, maklum udah kelaperan dari rumah belom sempet sarapan. Akhirnya setelah selesai makan kita siap-siap menuju Galunggung, okey seru nih perjalanan kayaknya karena kami tidak berdua lagi, kita berangkat 4 motor, tadinya saya kita mau pake mobil eh ternyata mobilnya bro Betet gak di bawa toh hadeuh… encok nih ane. Oh iya kita berangkat 4 motor 8 orang + 1 anak kecil/balita ponakannya Pitri, alias anaknya dari kakanya Pitri, trus ada adeknya pitri dan beberapa temannya juga.
Setelah shalat dzuhur, kami pun berangkat menuju gunung galunggung, waw cuaca nya panas sekali, duh keringat sampai bercucuran. Perjalanan menuju puncak galunggung sekitar 30-45 menit dan jalannya pun lumayan jelek sih karena emang jalurnya dilalui oleh truk truk pengangkut pasir.
Di perjalanan terjadi sesuatu dengan tunggangan saya, indicator air radiator nya terus menyala menandakan mesin sudah overheat atau air radiator kering atau apa saya juga tidak tahu yang pasti saya sempat panic, karena bingung hars ngapain, kita sudah hampir sampai dan tidak mungkin ada bengkel di pegunungan seperti ini dan tidak mungkin pula kalau saya harus kembali ke bawah, akhirnya dengan sedikir rasa was-was kami pun sampai di pintu gerbang menuju puncak bromo, Alhamdulillah saya bisa istirahat sebentar untuk mengecek kondisi motor, jujur saja saya tidak tahu apa yang terjadi dengan motor kesayangan saya, Tanya sodara juga pada gak tahu, tapi feeling saya mingkin karena kepanasan karena sudah menempuh perjalanan jauh dari pagi sampai siang, di tambah tanjakan semua eh sekarang di tambah lagi tanjakan jadi pantas kalau mesin jadi overheat. Setelah istirahat beberapa menit dan saya cek kondisi motor, Alhamdulillah lampu indicator sudah tidak menyala lagi yang menandakan kondisi mesin sudah kembali normal dan kami pun segera menuju pintu gerbang dan membayar tiket masuk.
[Foto-foto]
Sebentar lagi kami akan sampai di tujuan utama yaitu puncak galunggung, tapi sebelum ke atas pemandu kita memberi 2 pilihan, mau ke atas dulu atau ke pemandian air panas dulu, mmmm saya piker mending ke puncak dulu deh ke atas, kan nanti cape tuh habis mendaki baru deh berendam di air panas kan mantap tuh, akhirnya kita sepakat untuk ke puncak dulu. Jarak menuju puncak memang tidak begitu jauh tapi ada yang sedikit aneh di sini, rasanya motor berat sekali, sudah pake gigi satu juga tetap terasa berat padhal tanjakan nya tidak terlalu jauh dengan yang di sebelumnya, mungkin effect gravitasi kali yah CMIIW.